• SMK NEGERI 1 PLERET
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

Simulasi Penanganan Bencana Gempa Bumi (SPAB) di SMK Negeri 1 Pleret

Dalam rangka menyukseskan program SPAB (Satuan Pendidikan Aman Bencana), SMK Negeri 1 Pleret melaksanakan simulasi tanggap bencana pada Senin dan Selasa, 21-22 Februari 2022.

Dalam kegiatan tersebut SMK Negeri 1 Pleret mengadakan gladi ruang ( TTX ), gladi kotor hingga pelaksanaan simulasi sesungguhnya. Kegiatan ini  diikuti oleh Tim SPAB, Guru, Tenaga Kependidikan (GTK) dan siswa yang telah ditunjuk untuk menjadi peserta dalam simulasi SPAB ini.

 

Hadir dalam kegiatan ini  fasilitator dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DIY. Fasilitator dan BPBD Bantul memberikan materi tentang skenario kejadian dalam simulasi  dan teknis simulasi. Salah satu fasilitator Bapak Jirokhim memberikan gambaran kejadian saat simulasi dan mencocokkan dengan skenario yang telah dibuat oleh SMK Negeri 1 pleret.

Simulasi ini bertujuan menyiapkan peserta didik dan warga sekolah untuk tenggap terhadap adanya bencana ketika situasi sedang berada di sekolah. Apabila suatu saat terjadi bencana, baik bencana kecil maupun bencana besar, dengan adanya simulasi ini diharapkan seluruh pihak sekolah tidak panik dan dapat menyelamatkan dirinya sendiri dan menyelamatkan teman-temannya, sehingga dapat berkumpul pada titik kumpul yang sudah ditentukan oleh sekolah.

Ketua Tim SPAB, Bp. Pargiyatno, M.Pd.Jas. menyampaikan terima kasih kepada fasilitator dari BPBD yang telah memberikan ilmu penanganan bencana. Beliau berharap kegiatan gladi ruang dan gladi kotor yang dilaksanakan dalam rangkaian acara Simulasi Mandiri SPAB dapat membuka wawasan dan pengetahuan siswa dan segenap civitas SMK Negeri 1 Pleret.

 

Komentari Tulisan Ini